Laman

Selasa, 08 Juni 2010

GREEN AND CLEAN BANDUNG DI TAMAN PRAMUKA

GREEN AND CLEAN SELARAS DENGAN PROGRAM PRAMUKA

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bandung, Edi Siswadi menyatakan, “ Pada dasarnya kegiatan Green and Clean yang telah menjadi program tetap Pemerintah Kota Bandung bersama mitra terkait sangat selaras dengan program Gerakan Pramuka kota Bandung yang mana, setiap Pramuka telah ditanamkan melalui pendidikan dan pembinaan bagaimana mencintai lingkungan hidup terutama di lingkungan masing-masing. Oleh sebab itu, baik di tiap lingkungan kecamatan, sekolah-sekolah maupun di Gugusdepan harus dapat pula diterapkan bukan saja memelihara tapi harus pula menanam pohon,” ujar Kak Edi yang juga selaku Sekda Kota Bandung usai menghadiri Konfrensi Pers Lounching “Bandung Green and Clean (BGC) 2010” yang diselenggarakan oleh Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bandung, PT.Unilever Indonesia Tbk, Lembaga Penerapan Teknologi Tepat (LPTT), HU.Pikiran Rakyat, dan Rase FM di Aula Taman Pramuka, Jl. RE. Martadinata No. 157 Bandung, Kamis (3/6).

Kegiatan Bandung Green and Clean yang sebelumnya digelar pada tahun 2009 dengan mengikut sertakan 100 orang fasilitator RW se Kota Bandung, untuk tahun 2010 ini jumlah pesertanya bertambah menjadi 200 orang dari 151 kelurahan di 30 kecamatan se Kota Bandung,” Program BGC merupakan program pengelolaan lingkungan berbasis masyarakat, dengan fokus pengelolaan sampah rumah tangga. Dalam perakteknya setiap RW diwakili oleh satu orang fasilitator lingkungan, mereka diberi pelatihan mengenai kepemimpinan dan pengetahuan mengenai lingkungan, dengan tujuan mampu meneruskan pengetahuan yang mereka miliki untuk menginspirasi rekan sesama warga,” ujar Manager Yayasan Unilever Indonesia, Silvi Tirawaty yang turut mendampingi Walikota Bandung, Dirut PT Pikiran Rakyat, Ketua DPRD Kota Bandung, dan Dirut Rase FM.

Selain itu, Walikota Bandung Dada Rosada menyatakan bahwa saat ini yang diperlukan adalah kesadaran dan peran serta seluruh warga masyarakat dalam mengelola lingkungan terutama sampah,” Dalam pelaksanaannya pada tahun 2009, kegiatan ini dinilai sukses. Oleh sebab itu, jadikan kegiatan ini sebagai kebutuhan dan kesadaran bersama dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan masing-masing,” ujar Dada yang juga menghimbau kepada setiap pengusaha untuk tidak menggunakan lagi plastik sebagai pembungkus tapi gunakan kertas yang mudah di daur ulang.

Sebelumnya, hadir dalam acara pembukaan di lapangan Taman Pramuka diantaranya; Wakil Walikota Bandung, kepala BPLH Kota Bandung, unsur SKPD dan Muspida Kota Bandung, dan sejumlah undangan lainnya,” Kami sangat mendukung kegiatan Bandung Green and Clean 2010 ini, dan untuk kedepannya DPRD Kota Bandung akan membuat Perda mengenai Bandung bersih dan hijau,” ujar Ketua DPRD Kota Bandung Ernawan yang menginginkan pula agar di kawasan Palaguna alun-alun Bandung nantinya
dapat dijadikan sebagai hutan kota.

Selanjutnya, Dirut PT. Pikiran Rakyat, Syafik Umar pada kesempatan yang sama menginginkan adanya peran serta dari media massa sebagai lini terdepan informasi untuk lebih memberikan informasi seluas-luasnya mengenai kepedulian lingkungan hidup kepada seluruh masyarakat khususnya di Jawa Barat.

Pada akhir acara pembukaan, diadakan pula pelepasan sejumlah burung secara simbolis oleh Walikota Bandung yang didampingi para anggota Pramuka Kota Bandung, penandatangan komitmen bersama kegiatan Green and Clean antara Pemkot Bandung dan 30 Camat se-Kota Bandung serta penanaman pohon di sekitar lapangan Taman Pramuka.

Catatan:
Benny & Roni
www.kota.pramuka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar